SMA NEGERI 1 PONOROGO
Jalan Budi Utomo No. 1 Telp/
Fax (0352) 481145 Ponorogo
Terakreditasi dengan kualifikasi
A ( kep. BAS Prop. Jatim. No 045/BAP-SM/TU/X/2009)
e-mail: ganesha@smazapo.sch.id; website :
www.smazapo.sch.id
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SMA : SMA N
I Ponorogo
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X
/ 1
Standar
Kompetensi : 1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
Kompetensi Dasar : 1.1
Membaca QS Al – Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun: 12-14
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit (1 x pertemuan)
===================================================================================
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca QS Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun
ayat 12-14, Adz-Dzariyat ayat 56, dan An-Nahl ayat 78 dengan shifat,
harakat, tajwid dan makhraj yang benar
2.
Siswa dapat
membaca QS Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12-14, Adz-Dzariyat
ayat 56, dan An-Nahl ayat 78 dengan
menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar
3.
Siswa dapat
memahami isi kandungan QS Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12-14, Adz-Dzariyat
ayat 56, dan An-Nahl ayat 78.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : QS Al-baqarah
ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih
membaca QS Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12-14, Adz-Dzariyat
ayat 56, dan An-Nahl ayat 78 dengan harakat dan makhraj yang benar
2.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya
membahas hukum bacaan yang ada pada QS Al-Baqarah
ayat 30, Al-Mukminun ayat 12-14, Adz-Dzariyat ayat 56, dan An-Nahl ayat 78
3.
Siswa berlatih membaca QS Al-Baqarah
ayat 30, Al-Mukminun ayat 12-14, Adz-Dzariyat ayat 56, dan An-Nahl ayat 78 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
4. Siswa berlatih memahami isi
kandungan yang terdapat dalam QS Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12-14, Adz-Dzariyat
ayat 56, dan An-Nahl ayat 78
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
WAKTU
|
LANGKAH KEGIATAN
|
METODE
|
BAHAN
|
10’
|
Kegiatan Awal
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
§ Tadarus bersama surat-surat yang telah
dihafal siswa
§ Memperkenalkan pengantar tentang asbabun
nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
|
Demonstrasi
Ceramah dan tanya jawab
|
Al-Qur’an dan slide ayat
Al-Qur’an
|
|
50’
|
Kegiatan Inti
|
||
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
§ Beberapa siswa membaca Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 serta siswa yang lain
mendengarkan.
§ Siswa membaca Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 secara klasikal,
kelompok dan individu sesuai dengan shifat, harakat dan makhraj yang benar
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§
Siswa diperkenalkan hukum
bacaan yang ada pada Surah Al-Baqarah ayat 30,
Al-Mukminun ayat 12–14, Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78.
§
Siswa membaca Surah Al-Baqarah ayat 30,
Al-Mukminun ayat 12–14, Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78
.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Presentasi dan tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi dan tanya jawab
|
Power point dan lembar materi
Lembar materi power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi
|
|
15’
|
Kegiatan Penutup
|
||
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§ Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu
tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78.
§ Siswa diminta menulis Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 di buku tugas
|
Presentasi
Tanya jawab
|
Lembar power point dan lembar
materi
|
|
5’
|
Kegiatan
Tindak Lanjut
|
||
Para siswa diminta
memperdalam materi di rumah serta
dimohon untuk mempelajari pokok bahasan berikutnya
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Lembar materi
|
Alat / Sumber
Belajar:
1. Alquran dan Terjemah
2. Teks lafal Surah Al-Baqarah ayat
30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 di Laptop, di karton atau papan tulis
3. Kaset/CD tentang Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Membaca
Surah Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 dengan harakat dan
makhraj yang benar
Ø Mengulang-ulang
membaca Surah Al-baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 dengan harakat dan
makhraj yang benar
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Pelafalan
|
Ø Lafalkan
Surah Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 sesuai dengan makhraj dan harakat yang
benar!
Ø Lafalkan
Surah Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut!
|
1.
Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa
yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Ponorogo, 9 Juli
2011
Waka Kurikulum
SUROSO,M.Pd
NIP. 19700208199903 1 007
|
Koordinator Mata Pelajaran PAI
Drs. H. THOHA
TAROM
NIP. 19520414
198503 1 010.
|
Guru Mata Pelajaran PAI
SUYOTO, MA., M.Pd
NIP. 19700422200501 1 005
|
Pertemuan Kedua
WAKTU
|
LANGKAH KEGIATAN
|
METODE
|
BAHAN
|
10’
|
Kegiatan Awal
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
§ Tadarus bersama surat-surat yang telah
dihafal siswa
§ Memperkenalkan pengantar tentang asbabun
nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
|
Demonstrasi
Ceramah dan tanya jawab
|
Al-Qur’an dan slide ayat
Al-Qur’an
|
|
50’
|
Kegiatan Inti
|
||
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
§ Beberapa siswa membaca Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 serta siswa yang lain
mendengarkan.
§ Siswa membaca Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 secara klasikal,
kelompok dan individu sesuai dengan shifat, harakat dan makhraj yang benar
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§
Siswa diperkenalkan hukum
bacaan yang ada pada Surah Al-Baqarah ayat 30,
Al-Mukminun ayat 12–14, Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78.
§
Siswa membaca Surah Al-Baqarah ayat 30,
Al-Mukminun ayat 12–14, Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78
.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Presentasi dan tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi dan tanya jawab
|
Power point dan lembar materi
Lembar materi power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi
|
|
15’
|
Kegiatan Penutup
|
||
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§ Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu
tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78.
§ Siswa diminta menulis Surah Al-Baqarah ayat 30, Al-Mukminun ayat 12–14,
Adz-Dzariyat: 56, dan surah An-Nahl: 78 di buku tugas
|
Presentasi
Tanya jawab
|
Lembar power point dan lembar
materi
|
|
5’
|
Kegiatan
Tindak Lanjut
|
||
Para siswa diminta
memperdalam materi di rumah serta
dimohon untuk mempelajari pokok bahasan berikutnya
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Lembar materi
|
Alat / Sumber
Belajar:
1. Alquran dan Terjemah
2. Teks lafal Surah Al-Baqarah ayat
30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 di Laptop, di karton
atau papan tulis
3. Kaset/CD tentang Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Membaca
Surah Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 dengan harakat dan
makhraj yang benar
Ø Mengulang-ulang
membaca Surah Al-baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 dengan harakat dan
makhraj yang benar
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Pelafalan
|
Ø Lafalkan
Surah Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 sesuai dengan makhraj dan harakat yang
benar!
Ø Lafalkan
Surah Al-Baqarah ayat 30 dan Al-Mukminun ayat 12 – 14 dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut!
|
1.
Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa
yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Ponorogo, 9 Juli
2011
Waka Kurikulum
SUROSO,M.Pd
NIP. 19700208199903 1 007
|
Koordinator Mata Pelajaran PAI
Drs. H. THOHA
TAROM
NIP. 19520414
198503 1 010.
|
Guru Mata Pelajaran PAI
SUYOTO, MA., M.Pd
NIP. 19700422200501 1 005
|
LAMPIRAN MATERI :) ãNn=ôãr& $tB w tbqßJn=÷ès? getahui
sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu
bersyukur
SMA NEGERI 1 PONOROGO
Jalan Budi Utomo No. 1 Telp/
Fax (0352) 481145 Ponorogo
Terakreditasi dengan kualifikasi
A ( kep. BAS Prop. Jatim. No 045/BAP-SM/TU/X/2009)
e-mail: ganesha@smazapo.sch.id; website :
www.smazapo.sch.id
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
=====================================================================================
SMA : SMA N
I Ponorogo
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X
/ 1
Standar
Kompetensi : 2.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam ibadah
Kompetensi Dasar : 2.1
Membaca QS Al – An’am ayat;
162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.2. Menyebutkan arti QS
Al-An’am ayat; 162-163 dan Al-
Bayyinah: 5.
2.3. Memahami kandungan dalam QS Al
– An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit (1 x pertemuan)
===================================================================================
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca QS Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5, dengan
shifat, harakat dan makhraj yang benar
2.
Siswa dapat membaca QS Al – An’am
ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan
menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar
3.
Siswa dapat memahami isi kandungan QS Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Ayat-ayat tentang keikhlasan beribadah (QS Al – An’am
ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5)
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih
membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan
harakat dan makhraj yang benar
2.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya
membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5.
3.
Siswa berlatih
membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan
menerapkan hukum bacaan yang benar
4. Siswa berlatih memahami isi
kandungan yang terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Ketiga
WAKTU
|
LANGKAH KEGIATAN
|
METODE
|
BAHAN
|
10’
|
Kegiatan Awal
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
§ Tadarus bersama surat-surat yang telah
dihafal siswa
§ Memperkenalkan pengantar tentang asbabun
nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
|
Demonstrasi
Ceramah dan tanya jawab
|
Al-Qur’an dan slide ayat
Al-Qur’an
|
|
50’
|
Kegiatan Inti
|
||
&
Eksplorasi
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Beberapa siswa membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dan siswa yang
lain mendengarkan
§ Siswa membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 secara klasikal,
kelompok dan individu sesuai dengan shifat, harakat dan makhraj yang benar
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5.
§ Siswa membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada pada
Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulannyimpulan
|
Presentasi dan tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi dan tanya jawab
|
Power point dan lembar materi
Lembar materi power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi
|
|
15’
|
Kegiatan Penutup
|
||
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu
tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5.
§ Siswa diminta menulis Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 di buku tugas
|
Presentasi
Tanya jawab
|
Lembar power point dan lembar
materi
|
|
5’
|
Kegiatan
Tindak Lanjut
|
||
Para siswa diminta
memperdalam materi di rumah serta
dimohon untuk mempelajari pokok bahasan berikutnya
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Lembar materi
|
.
Alat / Sumber
Belajar:
1. Alquran dan Terjemah
2. Teks lafal Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 di Laptop, di
karton atau papan tulis
3. Kaset/CD tentang Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Melafalkan Surah Al – An’am
ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan harakat
dan makhraj yang benar
Ø Mengartikan
Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 dengan harakat dan makhraj yang benar
Ø Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an Surah
Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes Perbuatan
|
Pelafalan
Pelafalan
Pembiasaan
|
Ø
Lafalkan Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 sesuai dengan
makhraj dan harakat yang benar!
Ø
Lafalkan Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah
tersebut!
Ø
Lakukan berbuat ikhlas sesuai dengan
QS Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
1.
Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa
yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Ponorogo, 9 Juli
2011
Waka Kurikulum
SUROSO,M.Pd
NIP. 19700208199903 1 007
|
Koordinator Mata Pelajaran PAI
H. TOHA TAROM
NIP. 19520414 198503 1 010
|
Guru Mata Pelajaran PAI
SUYOTO, MA., M.Pd
NIP. 19700422200501 1 005
|
Pertemuan keempat
WAKTU
|
LANGKAH KEGIATAN
|
METODE
|
BAHAN
|
10’
|
Kegiatan Awal
|
||
Apersepsi dan Motivasi :
§ Tadarus bersama surat-surat yang telah
dihafal siswa
§ Memperkenalkan pengantar tentang asbabun
nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
|
Demonstrasi
Ceramah dan tanya jawab
|
Al-Qur’an dan slide ayat
Al-Qur’an
|
|
50’
|
Kegiatan Inti
|
||
&
Eksplorasi
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Beberapa siswa membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dan siswa yang
lain mendengarkan
§ Siswa membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 secara klasikal,
kelompok dan individu sesuai dengan shifat, harakat dan makhraj yang benar
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5.
§ Siswa membaca Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada pada
Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulannyimpulan
|
Presentasi dan tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi , demonstrasi, dan
tanya jawab
Presentasi dan tanya jawab
|
Power point dan lembar materi
Lembar materi power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi dan power point
Lembar materi
|
|
15’
|
Kegiatan Penutup
|
||
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu
tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5.
§ Siswa diminta menulis Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 di buku tugas
|
Presentasi
Tanya jawab
|
Lembar power point dan lembar
materi
|
|
5’
|
Kegiatan
Tindak Lanjut
|
||
Para siswa diminta
memperdalam materi di rumah serta
dimohon untuk mempelajari pokok bahasan berikutnya
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Lembar materi
|
.
Alat / Sumber
Belajar:
1. Alquran dan Terjemah
2. Teks lafal Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 di Laptop, di
karton atau papan tulis
3. Kaset/CD tentang Alquran
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Melafalkan Surah Al – An’am
ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan harakat
dan makhraj yang benar
Ø Mengartikan
Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 dengan harakat dan makhraj yang benar
Ø Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an Surah
Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes Perbuatan
|
Pelafalan
Pelafalan
Pembiasaan
|
Ø
Lafalkan Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 sesuai dengan
makhraj dan harakat yang benar!
Ø
Lafalkan Surah Al – An’am ayat; 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah
tersebut!
Ø
Lakukan berbuat ikhlas sesuai dengan
QS Al – An’am ayat; 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
1.
Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa
yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Ponorogo, 9 Juli
2011
Waka Kurikulum
SUROSO,M.Pd
NIP. 19700208199903 1 007
|
Koordinator Mata Pelajaran PAI
H. TOHA TAROM
NIP. 19520414 198503 1 010
|
Guru Mata Pelajaran PAI
SUYOTO, MA., M.Pd
NIP. 19700422200501 1 005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar