|
YAYASAN ISLAM “AL-ISLAM”
Akte Notaris Richardus Nangkih
Sinulingga, SH. Nomor : 74
MADRASAH ALIYAH “AL-ISLAM”
MLARAK PONOROGO DI JORESAN
TERAKREDITASI A
NSM : 131235020021
|
Alamat : Jalan Madura Joresan
Mlarak Ponorogo 63472 Telp./Fax. (0352) 311340
|
TUGAS PENGELOLA MADRASAH
I.
TUGAS KEPALA MADRASAH
Kepala Madrasah
adalah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader,
innovator, motivator dan pengguna
anggaran.
a.
KEPALA MADRASAH SELAKU EDUCATOR
Bertugas
melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar secara efektif dan efisien.
b.
KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAGER
1. Menyusun perencanaan kegiatan
2. Mengorganisasikan,mengarahkan dan
mengkoordinasikan kegiatan
3. Melaksanakan pengawasan
4. Mengadakan evaluasi terhadap segala dan semua
kegiatan
5. Mengadakan rapat
6. Mengadakan kebijakan dan keputusan
7. Mengatur Progran PMB, Administrasi Ketatausahaan, OPMI, Ketenagaan ,
sarana prasarana dan RAPBM.
8. Mengatur hubungan Madrasah dengan Komite Madrasah, Masyarakat dan Instansi
terkait
c.
KEPALA MADRASAH SEBAGAI ADMINISTRATOR
Bertugas
menyelenggarakan administrasi seluruh kegiatan pendidikan Madrasah, baik
kegiatan belajar mengajar, perkantoran dan kegiatan-kegiatan lain yang
berkaitan dengan Madrasah.
d.
KEPALA MADRASAH SELAKU SUPERVISOR
Bertugas
menyelenggarakan supervisi terhadap kegiatan PMB, BP, Ektstrakurikuler,
ketatausahaan, sarana prasarana, OPMI, 7 K, dan kegiatan kerjasama dengan
masyarakat dan intansi terkait
e.
KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER
1. Dapat dipercaya,jujur dan bertanggung jawab
2. Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa
3. Memiliki Visi dan memahami Misi Madrasah
4. Mengambil keputusan urusan Intern dan Extern Madrasah
5. Mencari, membuat dan memiliki gagasan baru.
f.
KEPALA MADRASAH SEBAGAI INOVATOR
1.Melakukan pembaharuan dibidang KBM, BP/BK, ekstra
kurikuler dan pengadaan personel serta perangkat pembelajaran
2.Melaksanakan pembinaan Guru dan Karyawan
3.Mengadakan pembaharuan, menggali sumberdaya lewat komite
Madrasah dan masyarakat.
g.
KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR
Bertugas memberi motivasi untuk :
1.Mengatur tata ruang kantor, ruang belajar, laboratorium,
perpustakaan yang kondusif
2.Mengatur halaman / lingkungan yang sejuk dan teratur
3.Menciptakan hubungan kerja yang harmonis bersama guru dan
karyawan
4.Mengadakan prinsip penghargaan, hukuman/sanksi, dalam
melaksanakan tugasnya.
h.
KEPALA MADRASAH SEBAGAI KUASA PENGGUNA ANGGARAN
1.
Sebagai pejabat penerbit penanda tangan surat permintaan pembayaran dalam
RAPBM, satker Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan
2.
Bertanggung jawab/akuntabilitas atas pengelolaan anggaran APBM pada
lembaga, satker MA Al-Islam Joresan
II.
PROGRAN KEGIATAN KEPALA MADRASAH
a. KEGIATAN HARIAN
1.
Memeriksa daftar hadir guru
2.
Memeriksa progran satuan pelajaran dan persiapan lainnya
3.
Menerima tamu, surat-surat masuk dan penyelesaiannya
4.
Menyelenggarakan/melaksanakan tugas kelembagaan (rekomendasi, legalisasi
dan lain-lainnya)
5.
Mengatasi hambatan-hambatan yang muncul
6.
Mengatur dan memeriksa kegiatan 7 K
b. KEGIATAN MINGGUAN
1.
Upacara hari Sabtu dan hari-hari besar lainnya
2.
Mengadakan rapat mingguan
3.
Mengadakan rapat mingguan dengan wakamad untuk memadukan langkah kerja
4.
Mengadakan pemeriksaan keuangan Madrasah
c. KEGIATAN BULANAN
Awal Bulan
1.
Penyelesaian kegiatan Honor guru dan karyawan, laporan bulanan dan rencana
belanja bulanan
2.
Memberikan informasi, petunjuk dan catatan kepada guru tentang pelaksanaan
program kerja
3.
Pemeriksaan jurnal kelas, daftar hadir guru/karyawan
4.
Pelaporan kegiatan bulanan yang lewat
Akhir Bulan
1. Tutup buku
2. Pertanggung jawaban keuangan
3. Evaluasi terhadap pelaksanan kegiatan
d.
KEGIATAN TENGAH SEMESTER
1.
Kegiatan tengah Semester
2.
Kegiatan Mid. Semester termasuk pengumpulan nilai penyampaian lembar
laporan Mid semester kepada orang tua/ wali siswa
3.
Evaluasi terhadap pelaksanaan KBM tengah semester
e.
KEGIATAN SEMESTERAN
1. Persiapan evaluasi semester
2. Kegiatan semesteran termasuk pengumpulan nilai, ketetapan
nilai, pembagian raport dan lain-lain
3. Kegiatan OPMI, Pramuka, UKS dan Ektrakurikuler lainnya.
4. Menyelenggarakan perbaikan sarana prasarana dan
lingkungan belajar
5. Memeriksa buku Induk dan Leger
III.
TUGAS KEPALA URUSAN TATA USAHA
1. Bertugas dan bertanggung jawab atas berlakunya garis
kebijaksanaan Kepala Madrasah dibidang ketatausahaan
2. Membina staf Tata Usaha Madrasah sehingga mampu dan
kreatif dalam melaksanakan tugas
3. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan administrasi
Madrasah
4. Membantu semua fihak Madrasah dalam ketatausahaan pada
khususnya dan kelancaran fungsi Madrasah pada umumnya
5. Menyusun Program pembinaan administrasi Madrasah
6. Membuat dan menyajikan data-data statistik tentang
keadaan dan perkembangan Madrasah
7. Mengelola sarana prasarana ketatausahaan
8. Mengurus administrasi kepegawaian
9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan langsung oleh
Kepala Madrasah.
10. Membuat laporan berkala administrasi Madrasah
IV.
TUGAS WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
1. Menyusun program semester dan tahunan termasuk pembagian
tugas mengajar
2. Menyusun jadual pelajaran
3. Menyusun penjabaran kalender pendidikan
4. Mengatur pelaksanaan evaluasi belajar serta norma
penilaian
5. Mengatur menyusun peringkat kelas pararel
6. Mengatur norma kenaikan kelas
7. Mengupayakan selalu adanya peningkatan mutu pendidikan
8. Mengatur usaha pembinaan, peningkatan, perbaikan dan
pengayaan terhadap siswa
9. Menyusun personalia wali kelas dan tugas guru
10. Merencanakan, mengkoordinasi dan mengawasi PBM tambahan
11. Membantu Kepala Madrasah melakukan supervisi kelas,
kinerja wali kelas, administrasi guru dan guru piket
12. Berasama Wakamad Kesiswaan mengatur program penggunaan
waktu kosong/luang
13. Mengatur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran
14. Bersama Wakamad Kesiswaan Merencanakan penerimaan siswa
baru sesuai dengan daya tampung Madrasah
15. Koordinasi dengan Kaur TU dalam hal bahan/alat untuk
mendukung kegiatan tugas yang tertuang dalan draft rencana kegiatan secara
berkala pada awal tahun pelajaran baru/ insidentil
16. Mengkonsultasikan setiap rencana kegiatan dalam bentuk
proposal dan melaporkan hasil kegiatan ( pelaksanaan tugas) beserta instrumen
terkait dalam bentuk bendel progres report kepada Kepala Madrasah secara
berkala satu bulan sekali / insidentil
17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan langsung oleh
Kepala Madrasah.
18. Laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah setiap
selesai pelaksanaan tugas
V.
TUGAS WAKAMAD BIDANG KESISWAAN
1. Menyusun program pembinanaan/kegiatan kesiswaan/ OPMI
2. Mimbina dan membimbing pemilihan pengurus OPMI
3. Membina dan membimbing pengurus OPMI dan berorganisasi
4. Membimbing kegiatan siswa /OPMI dalam rangka pelaksanaan
disiplin dan tata tertib siswa
5. Menyusun dan membuat tata tertib siswa
6. Menyusun program pembinaan siswa
7. Membina, mengawasi serta mengkoordinasikan kegiatan
upacara bendera
8. Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan bakti sosial,
baktii masyarakat terutama menjelang peringatan hari besar Islam
9. Selalu memotifasi dan meningkatkan kreatifitas siswa
10. Mengatur program ekstra kurikuler dan kegiatan siswa
lainnya
11. Melakukan pemilihan siswa teladan, penerimaan siswa dan
siswa yang memiliki kegiatan diluar Madrasah
12. Bersama Wakamad Kurikulum merencanakan dan mengawasi
MOS/Pekan perkenalan untuk siswa baru
13. Menyeleksi siswa untuk diusulkan mendapat bantuan bea siswa
dan berkoordinasi dengan Kaur tata usaha.
14. Membina dan mengawasi pelaksanaan 8K (Keagamaan,
Keamanan, Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Kekeluargaan, Kesehatan dan
kerindangan )
15. Membina karya siswa , majalah dinding, buletin dll.
16. Bersama Wakamad Kurikulum Merencanakan penerimaan siswa
baru sesuai dengan daya tampung Madrasah
17. Koordinasi dengan Kaur TU dalam hal bahan /alat untuk
mendukung kegiatan tugas yang tertuang dalan draft rencana kegiatan secara
berkala pada awal tahun pelajaran baru/ insidentil
18. Mengkonsultasikan setiap rencana kegiatan dalam bentuk
proposal dan melaporkan hasil kegiatan ( pelaksanaan tugas) beserta instrumen
terkait dalam bentuk bendel progres report kepada Kepala Madrasah secara
berkala satu bulan sekali / insidentil
19. Laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah
VI.
TUGAS WAKAMAD BIDANG SARANA PRASARANA
1. Membuat perencanaan pengadaan, pemeliharaan, pengamanan
barang inventaris yang berkaitan dengan KBM
2. Mencatat, menginventarisir dan mengadakan langkah-langkah
cepat untuk pemeliharaan dan perbaiakan kelengkapan Madrasah yang rusak
3. Mencatat dan menginventarisir tropi, pila, piagam yang
diperoleh Madrasah/siswa
4. Mengatur dan mendayagunakan alat-alat pelajaran/alat
peraga untuk tiap-tiap mata pelajaran secara optimal
5. Koordinasi dengan Kaur TU dalam hal bahan /alat untuk
mendukung kegiatan tugas yang tertuang dalan draft rencana kegiatan secara
berkala pada awal tahun pelajaran baru/ insidentil
6. Mengkonsultasikan setiap rencana kegiatan dalam bentuk
proposal dan melaporkan hasil kegiatan (pelaksanaan tugas) beserta instrumen
terkait dalam bentuk bendel progres report kepada Kepala Madrasah secara
berkala satu bulan sekali / insidentil
7.
Laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah
VII.
TUGAS WAKAMAD BIDANG HUMASY
1.
Memelihara dan mengembangkan hubungan Madrasah dengan lembaga-lembaga
pemerintah, swasta dan organisasi sosial
2.
Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite Madrasah dan peran Komite
Madrasah
3.
Memberikan pengertian kepada Masyarakat tentang fungsi Madrasah, melalui
bermacam teknik komunikasi agar masyarakat lebih mengenal Madrasah dan
mempunyai harapan, impian dan minat untuk memasukkan putra-putrinya masuk
kemadrasah.
4.
Menginventaris harapan dan keinginan wali murid/masyarakat terhadap
madrasah sebagai acuan pengembangan Madrasah dimasa mendatang
5.
Mengupayakan terjadinya hubungan yang harmonis antar warga Madrasah sehingga dapat mengurangi / menghilangkan
sama sekali adanya kesenjangan atau kecemburuan antar personil Madrasah yang
dapat menghambat kemajuan Madrasah
6.
Segera melaporkan kepada Kepala Madrasah setiap kejadian yang dapat
merugikan / menghancurkan nama baik Madrasah, baik yang terjadi didalam maupun
diluar Madrasah
7.
Mengatur dan memelihara hubungan yang
baik antar Madrasah dengan orang tua murid dan Komite Madrasah
8.
Melaksanakan tugas-tugas lain dari Kepala Madrasah yang berkaitan dengan
kehumasan
9.
Bersama Wakamad Kesiswaan menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata dan
lain-lain yang berhubungan dengan kehumasan
10.
Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan dimadrasah (gebyar pendidikan)
11.
Koordinasi dengan Kaur TU dalam hal bahan / alat untuk mendukung kegiatan
tugas yang tertuang dalan draft rencana kegiatan secara berkala pada awal tahun
pelajaran baru / insidentil
12.
Mengkonsultasikan setiap rencana kegiatan dalam bentuk proposal dan
melaporkan hasil kegiatan (pelaksanaan tugas) beserta instrumen terkait dalam
bentuk bendel progres report kepada Kepala Madrasah secara berkala satu bulan
sekali / insidentil
13.
Laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah
VIII.
TUGAS WALI KELAS
1.
Mengenal dengan baik nama, alamat, watak, keinginan, kesulitan, yang
dihadapi siswa dari kelas yang diasuhnya
2.
Mengerti betul jumlah siswa/siswa yang ada dalam kelas yang diasuhnya
3.
Memberi contoh yang baik pada siswa dikelas yang diasuhnya
4.
Memberi bimbingan kepada siswa dikelas yang menjadi asuhannya seoptimal
mungkin sehingga meraih prestasi yang sebaik-baiknya
5.
Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan keindahan kelas
6.
Menginventarisir / mencatat alat-alat / perabot yang ada dikelas yang
diasuhnya dan segera melaporkan kepada Wakamad Sarana Prasarana jika ada yang
rusak
7.
Mengambil tindakan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul didalam
kelas yang diasuhnya
8.
Menciptakan suasana kekeluargaan didalam kelas yang diasuhnya
9.
Mencatat hasil penilaian tentang kepandaian, kecakapan, kelakuan dan
kerajinan anak asuhnya
10.
Mengetahui latar belakang siswa yang diasuhnya
11.
Menyampaikan buku raport kepada orang tua / wali siswa sebagai laporan
hasil pendidikan tiap akhir semester dan akhir tahun
12.
Menyampaikan saran kepada wali murid sehubungan dengan hasil yang dicapai
putra putrinya.
13.
Mengurusi daftar ulang dikelas yang diasuhnya.
14.
Mengetahui presensi kehadiran siswa minimal seminggu sekali, untuk
dijadikan acuan bimbingan.
15.
Mengkoordinir kegiatan-kegiatan siswa dikelasnya.
16.
Melaporkan kepada Kepala Sekolah apabila terjadi kasus yang tidak dapat
diatasi didalam kelas yang diasuhnya.
17.
Koordinasi dengan Wakamad yang terkait.
18.
Koordinasi dengan Kaur TU dalam hal bahan/alat untuk mendukung tugas yang
diembannya.
19.
Laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah.
IX.
TUGAS GURU
1. UMUM
1. Memberi motifasi kepada siswa untuk membangkitkan minat,
semangat dan kemauan belajar siswa.
2. Menggunakan ruang belajar, alat-alat pelajaran yang ada
seoptimal mungkin.
3. Membuat perencanaan mengajar dalam satu semester dan
tahunan.
4. Membuat persiapan mengajar jadwal dan sesuai dengan
satuan pelajaran yang telah ditetapkan.
5. Mengadakan evaluasi dan bimbingan serta membuat laporan
kepada fihak yang berkepentingan atas hasil belajar.
6. Mengadakan usaha perbaikan berdasar hasil evaluasi
7. Berusaha mengetahui bakat, minat dan kemampuan siswa.
8. Membantu menyalurkan serta mengarahkan bakat dan minat
siswa.
9. Ikut menjaga nama baik Madrasah.
10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala
Madrasah.
2. KHUSUS
1. Tugas Guru Selaku
Pengajar.
a. Membuata satuan
pelajaran.
b. Datang mengajar
tepat waktu.
c. Mengadakan
evaluasi secara teratur.
d. Ikut memelihara
ketertiban kelas dan Madrasah.
2. Tugas Guru
sebagai Pendidik.
a. Memberikan kasih sayang terhadap anak didik serta
selalu menjadikan dirinya suri tauladan
bagi anak didik.
b. Mencintai jabatannya sebagai seorang pendidik dan
dapat menyelaraskan kecakapan pengetahuan
dan profesinya.
c. Dalam berhias
dan berpakaian harus selalu memperhatikan etika estetika.
d. Bersikap terbuka
dan demokratis.
e. Menjaga dan memelihara semangat korps. Serta
meningkatkan rasakekeluargaan dengan sesama guru dan keryawan.
f. Menjaga dan
memelihara norma kesusilaan, agama dan kesopanan terhadap anak didik
g. Selalu berusaha
menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi.
h. Tidak merokok
saat mengajar.
i. Tidak
menjatuhkan mental anak didik.
3. Tugas Guru Selaku Anggota Keluarga Madrasah.
a. Cinta dan bangga
atas Madrasah
b. Menjaga nama
baik Madrasah Dimanapun berada
c. Selalu berupaya
menumbuh kembangkan Madrasah
X.
TUGAS GURU PIKET
1. Datang di Madrasah 10 menitsebelum pelajaran yang pertama
dimulai dan baru dapat meninggalkan Madrasagh 5 menit setelah pelajaran
terakhir selesai
2. Membagikan bahan dan atau alat yang dibutuhkan KBM pada
hari itu serta koordinasi dengan tata usaha dalam hal pengadaan
3. Memberi pertimbangan/izin siswa yang meninggalkan
pelajaran karna sesuatu kepentingan
4. Mengisi pelajaran yang kosong dengan tugas yang
disampaikan oleh Guru yang bersangkutan atau pelajaran yang dibinanya sendiri
5. Bersama wali kelas mengatasi/menyelesaikan
masalah/peristiwa yang terjadi pada siswa
6.
Mengambil langkah dengan kebijaksanaan terhadap siswa yang melanggar tata
tertib.
7.Menjaga tata tertib sehari-hari
8.Mencatat peristiwa yang terjadi.
9.Menerima tamu dan meneruskan kepada yang bersangkutan
10. Koordinasi dengan Wakamad terkait.
11. Melaporkan kejadian yang penting kepada Kepala Madrasah.
XI.
TUGAS TENAGA BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
1. Menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan
penyuluhan yang meklipuiti.
a. Waktu kegiatan
b. Metode bimbingan dan penyuluhan
c. Peralatan dan biaya
d. Teknik pengolahan data hasil bimbingan dan penyuluhan
2. Menyusun dan melaksanakan tugas berkoordinasi dengan :
a.
Wali kelas
b.
Seksi Kesiswaan
c.
Seksi pengajaran dan pendidikan
d.
BP3/ orang Tua / Wali siswa
3. Menyusun dan melaksanakan program kerjasama dengan :
Dinas
penyuluhan tenaga kerja dan Dep[artementrankopnaker, Instansi lain yang ada
hubungannya dengan masalah kejiwaan/ketenangan
4. Mengumpulkan data tentang siswa.
5. Mengamati sikap dan tingkah laku siswa sehari-hari
6. Memberi bantuan kepada siswa yang mengalami problema
7. Mengadakan pertemuan/hubungan dengan orang tua siswa baik
secara individu maupun secara kelompok guna memperoleh saling pengertian
tentang pendidikan.
8. Bekerja denagan masyarakat dan lembaga lainnya untuk
membantu memecahkan masalah siswa.
9. Membuat catatan pribadi
10. Mengadakan evaluasi pelaksanaan BP.
11. Menyusun statistik hasil evaluasi BP.
12. Melengkapi dan menertibkan administrasi ketatausahaan BP.
13. Mengadakan bimbingan secara klasikal maupun perorangan.
14. Memonitoring kemajuan siswa baik di Madrasah maupun
diluar Madrasah.
15. Koordinasi dengan Wakamad terkait.
16. Membuat laporan kepada Kepala Madrasah secara periodik.
XII.
TUGAS PEMBINA PRAMUKA
1.
Menyusun Program kegiatan kepramukaan
2. Menyelenggarakan ;latihan kepramukaan secara ruitin dan
terjadwqal dalam rangka peningkatan ketrampilan
3.
Menyelenggarakan dan mendampingi
a.
Persami
b.
Hiking
c.
Upacara-upacara yang bersifat kepramukaan
d.
Kemah
4.
Mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan oleh Kwarran dan Kwarcab
5.
Menghadiri Pertemuan pembimbingan yang diselenggarakan oleh nKwarran dan
Kwarcab
6.
Penghubung antara Guigus Depan dengan Kwarran, Kwarcab dan Gugus Depan
lainnya
7.
Menginventarisir, memelihara, merawat barang-barang inventaris Kepramukaan
8.
Melaksanakan Tugas-tugas lain dari Kepoala Madrasah
9.
Koordinasi dengan Wakamad terkait
10.
Laporan pelaksanaan Kegiatan kepada Kepala Madrasah
XIII.
TUGAS PEMBINA KESENIAN
1.
Menyusun Program kegiatan dalam bidang kesenian.
2.
Membimbing para siswa agar dapat menghargai seni.
3.
Memberi motivasi unmtuk menumbuhkan minat siswa terhadap seni
4.
Membimbing/membina kegiatan-kegiatan kesenian sehingga siswa memiliki kemampuan
menikmati hasil karya seni.
5.
Mmebimbing dan membina para siswa untuk dapat berkreasi dalam bidang seni.
6.
Membina dan mendorong siswa untuk
mengisi acara seni pada acara-acara resmi.
7.
Menginventarisir, menjaga dan merawat barang-barang inventaris kesenian yang
ada.
8.
Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan kepada madrasah.
9.
Koordinasi dengan Wakamad terkait.
10.
Melaporkan sebelum/sesudah pelaksanaan kepada Kepala Madrasah.
XIV. TUGAS PEMBINA KOPSIS
1.
Menyusun program kegiatan koperasi Sekolah
2.
Menumbuhkan kesadaran siswa untuk hidup berkoperasi
3.
Menumbuhkan peran dan partisipasi aktif siswa didalam berkoperasi di
madrasah
4.
Mengupayakan pengelolaan koperasi siswa yang baik dan berkembang
5.
Mengusahakan peningkatan modal koperasi siswa
6.
Memonitor peredaran barang-barang koperasi
7.
Membimbing cara pembukuan yang baik kepada siswa (petugas)
8.
Memeriksa pembukuan koperasi siswa
9.
Memantau secara rutin barang-barang inventaris koperasi
10.
Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan kepala Madrasah
11.
Koordinasi dengan Wakamad terkait
12.
Laporaan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah
XV. TUGAS PEMBINA UKS
1.Melaksanakan pembinaan, pola hidup sehat bagi siswa
2. Memperhatikan kebiasaan hidup sehat para siswa setiap
hari lewat kerapihan,kebersiahan pakaian/anggota badan.
3.Pelayanan kesehatan terhadap siswa yang sakit
4.Menyiapkan kotak obat-obatan ringan.
5.Memantau kebersihan ruang UKS
6.Memeriksa buku perobatan dalam rangka pemantauan siswa
yang sakit.
7.Bertanggung jawab atas alat-alat perlengkapan UKS
yangada.
8.Mengantar ke Rumah Sakit apabila perlu.
9.Mengadakan konsentrasi dengan wali murid jika perlu.
10.
Bersama-sama Wakamad terkait merencanakan lingkungan sekolah yang bersih,
sehat, indah dan nyaman.
11.
Mengatur sanitasi dan pembuangan limbah yang baik.
12.
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Madrasah.
13.
Koordinasi dengan Wakamad yang terkait.
14.
Laporan pelaksanaan tuigas kepada Kepala Madrasah.
XVI. TUGAS PEMBINA OLAH RAGA.
1.
Menyusun jadwal kegiatan olah raga diluar jam intra kurikuler.
2.
Mengatur dan mengaktifkan para siswa dalam pelaksanaan SKJ.
3.
Melatih para siswa dalam rangka peningkatan mutu keolahragaan.
4.
Mengadakan pertandingan olah raga dengan fihak lain.
5.
Penanggung jawab kegiatan yang bersifat olah raga seperti, baris berbaris,
lomba gerak jalan dll.
6.
Bersama Wakamad Kesiswaan mengatur dan bertanggung jawab pelaksanaan
upacara bendera.
7.
Melatih para siswa petugas pengibar Bendera.
8.
Penanggung jawab peralatan olah raga
dan fasilitas olah raga.
9.
Melaksanakan tugas-tugas lain dari Kepala Madrasah.
10.
Koordinator dengan Wakamad terkait.
11.
Laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah.
XVII. TUGAS PEMBINA KEAGAMAAN
1.
Menyusun Program kegiatan Keagamaan
2.
Membimbing para siswa dalam mempraktekkan ketrampilan ajaran Agama
a.Praktek Wudlu, sholat Fardlu, sholat Jama’ah, dan imam
sholat
b.Praktek memandikan,mengafani,menyolatkan dan menanamkan
mayat
c. Praktek Zakat,
korban dan sebagainya.
3. Mengatur siswa dalam pelaksanaan hari-hari besar Islam.
4.
Melaksanakan tugar-tugas lain yang bersifat keagamaan.
5.
Koordinasi dengan wakamad terkait
6.
Laporan pelaksanaan tugas.
XVIII. TUGAS TATA USAHA.
A. BANDAHARA PENGELUARAN.
1.
Bersama kepala Madrasah merencanakan kebutuhan/pembelian barang untuk
kepentingan madrasah.
2.
Menerima, menyimpan, membayarkan, menata usahakan dan mempertanggung
jawabkan uang untuk keperluan belanja
sekolah.
3.
Menyiapkan gaji dan vakasi Guru dan Karyawan
4.
Melaksanakan pembukuan keuangan dengan baik dan benar dan dilampiri
bukti-bukti penggunaan
5.
Membuat daftar inventaris barang-barang yang dibeli
6.
Membuat laporan/SPJ keuangan bulanan, triwulan dan tahunan
7.
Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Madrasah
8.
Menutup pembukuan keuangan (buku Kas) pada setiap akhir bulan, melaporkan
dan mempertanggungjawabkan / akuntabilitas kepada Kepala Madrasah.
B. PEMBANTU BENDAHARA KOMITE
1.
Bersama Kepala Madrasah dan Kaur TU merencanakan penggunaan dana sesuai
juklak komite madrasah untuk kepentingan madrasah
2.
Mengurus dan menerima uang infaq bulanan wali murid
3.
Mengamankan dan melakukan pembayaran honorarium kepada yang berhak pada
waktu yang telah ditentukan
4.
Melaksanakan pembukuan keuangan dengan baik dan benar
5.
Mengarsipkan / menyimpan bukti-bukti penggunaan dana (Kwitansi, nota, dan
sebagainya) dengan baik dan rapi
6.
Melaksanakan tugas dengan ikhlas dan disertai rasa tanggungjawab yang
tinggi demi kepentingan madrasah
7.
Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Kepala Madrasah
8.
Menutup pembukuan keuangan (buku kas) pada setiap akhir bulan, melaporkan
dan mempertanggungjawabkan / akuntabilitas kepada Kepala Madrasah.
C.
TUGAS TENAGA PERPUSTAKAAN
1. Bersama-sama Kaur TU menyusun rencana pengadaan,
pengelolaan buku-buku perpustakaan
2. Menerima dan memeriksa kiriman buku dari Depag, instansi
terkait, hibah, wakaf dan pembelian
3. Menyeleksi, mengklasifikasi dan membubuhkan cap dan
mencatat dalam buku induk
4. Menyusun daftar katalog buku perpustakaan
5. Mengatur penggunaan buku perpustakaan bagi siswa/guru
sesuai pedoman
6. Mengatur penyimpanan / penempatan buku
7. Melaksanakan pemeliharaan
buku dan perlengkapan perpustakaan lainnya
8. Membuat statistik penggunaan buku-buku perpustakaan
9. Bersama-sama
dengan guru mendorong siswa untuk gemar membaca
10. Mengawasi penggunaan buku-buku perpustakaan
11. Menjaga Tata tertib di perpustakaan
12. Mengelola buku anggota / kartu anggota perpustakaan
13. Menjaga kebersihan lingkungan perpustakaan
14. Mengupayakan ruang baca yang bersih,. Indah, nyaman dan
aman
15. menyusun laporan kegiatann perpustakaan secara berkala
kepada Kepala Madrasah.
D.
BAGIAN TATA LAKSANA
1. ARSIP
a. Mencatat agenda masuk/keluar sesuai dengan mekanismenya
b.
Meneruskan dan mengolah surat masuk sesuai dengan disposisi
c.
Menerima, mengajukan paraf pada kaur TU dan tanda tangan kepada Kepala
Madrasah, surat yang telah selesai diketik bagian komputer selanjutnya
distempel dan didistribusikan
d.
Mengarsipkan
2. ADMINISTASI KESISWAAN
a.
Pencatatan buku induk siswa, klapper, mutasi siswa, dokumen penyerahan STTB
b.
Menyiapkan absensi siswa
c. Melayani legalisasi ijazah sampai proses pengarsipan
d.
Mempertanggungjawabkan tugasnya
3. Pengarsipan
4. Laporan berkala.
E. BAGIAN KOMPUTER / PENGGANDAAN
a.
Pengetikan dan penggandaan surat yang terkait dengan administrasi Madrasah
setelah mendapatkan persetujuan kaur TU
b.
Membuat dan menyajikan data statistik tentang keadaan dan perkembangan
Madrasah dipapan data.
c.
Bertanggung jawab pada kelancaran perangkat komputer yang ada.
d.
Secara berkala laporan ke kaur TU.
F. BAGIAN IKM / KEPEGAWAIAN
1. Administrasi IKM ( Inventaris Kekayaan Madrasah )
a. Mencatat inventaris Kekayaan Madrasah mulai dari
barang tidak bergerak/bergerak dalam kartu inventaris barang ( KIB ), Buku
Inventaris Barang, ( BIB ).
b.
Membuat kode dan klasifikasi IKM pada masing-masing barang.
c.
Membuat daftar Inventaris Ruang ( DIR ), Laporan mutasi barang Triwulanan dan
laporan Tahunan.
d.
Mengarsipkan, dokumen IKM.
e.
Melaksanakan tugas yang diberikan Kepala Madrasah.
f.
Secara pereodik laporan ke Kaur TU/ Kepala Madrasah.
2. Administrasi Barang Persediaan
1.
Mencatat barang-barang persediaan ATK dalam kartu persediaan barang sesuai
dengan jenisnya.
2.
Mencatat nota bon barang.
3.
Secara berkala melakukan opnama fisik barang persediaan.
4.
Mengarsipkan dan mempertanggungjawabkan.
3. Administrasi Kepegawaian.
a. Mencatat buku Induk Pegawai.
b. Menyiapkan buku Absensi Pegawai.
c. Mengarsipkan dan mempertanggung jawabkan.
4. Secara berkala laporan ke Kaur TU/ Kepala Madasah.
G.
TUGAS PENJAGA MADRASAH
a. Menjaga keamanan Madrasah khususnya setelah jam dinas
kegiatan belajar mengajar serta mempertanggung jawabkan keselamatan aset
Madrasah.
b. Membuka dan menutup pintu Kelas dan Ruangan lainnya.
c. Mempertanggung
jawabkan / akuntabilitas.
d. Melaksanakan
tugas yang diberikan Kepala Madrasah
H. BAGIAN
KEBERSIHAN
1. Membersihkan seluruh ruangan, halaman kamar mandi.
2. Membuat dan menyiapkan minuman guru/karyawan.
3. Mempertanggung jawabkan.
4.
SEMOGA ALLOH
MERIDLOINYA
AMIEN
|
|
Menjalankan tugas lain yang
diberikan Kepala Madrasah.
BAB II
PENGELOLAAN SEKOLAH
Pengelolaan
sekolah yang diberlakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak
Ponorogo sebagai berikut :
A.
Pengelolaan Administrasi Sekolah
1.
Kelembagaan
a.
Nama Sekolah
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam
b.
Alamat Sekolah
MTs Al-Islam beralamatkan dijalan Madura desa Joresan Kecamatan Mlarak
Kabupaten Ponorogo
Telp.(0352) 311340
c.
Tahun Berdiri
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam berdiri tahuan 1966 M yang mana dari
tahun ke tahun mengalami kemajuan. Ini terbukti dengan adanya bangunan sekolah
yang sudah permanen dan memiliki sendiri dengan jumlah murid yang banyak.
d.
Status Sekolah
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam sebagai salah satu lembaga yang
berlebel swasta (terakreditasi B) serta memiliki gedung sendiri.
2.
Organisasi Sekolah
a.
Struktur Organisasi Sekolah
Struktur organisasi sekolah sebagaimana terlampir di halaman
belakang
b.
Pembagian Tugas sekolah
Pembagian tugas sekolah sebagaimana terlampir di halaman belakang.
3.
Kepegawaian
Faktor yang memiliki urgensi solid di dalam menunjang keberhasilan
ketercapaian tujuan pendidikan adalah keberadaban tenaga kependidikan. Guna
mendukung operasional pelaksanaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam
selain sarana ditunjang dengan tenaga profesional dengan administrasi yang
tertata rapi.
a.
Nama Pegawai
Nama pegawai guru dan karyawan akan kami lampirkan dalam halaman di
belakang.
b.
Uraian tugas
Uraian tugas telampir dibelakang
c.
System penerimaan kepegawaian
Penerimaan tenaga guru dan karyawan melalui yayasan dibidang
pendidikan.
4.
Pendanaan
a.
Sumber dana
Untuk menunjang kesinambuangan dan kelancaran operasioanal
pendidikan tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sumber dana yang
diperoleh untuk menunjang kelancaran proses pendidikan di MTs Al Islam dari :
·
Dana BOS dari Depag Ponorogo
·
Syahriyah
·
Dana jariyah tiap tahun (pada waktu daftar ulang)
b.
System pengelolaan keuangan
1.
Keuangan dikelola oleh pihak sekolah.
2.
Setiap tahun diadakan laporan pertanggungjawaban kepada komite.
c.
Kesejahteraan guru dan karyawan
Kesejahteraan guru dan karyawan penting dalam proses pendidikan,
untuk itu setiap bulan guru dan karyawan menerima syahriah dari madrasah
B.
Pengelolaan Akademik
1.
Kurikuler
a.
Struktur kurikulum
b.
Pembagian tugas mengajar
Pembagian tugas mengajar sesuai dengan bidang studi atau fak masing-masing.
c.
Pelaksanaan jam tatap muka
d.
Kegiatan ekstrakulrikuler
Untuk menunjang keberhasilan siswa dalam mengembangkan cara
berfikir dan upaya wawasan yang luas maka sangatlah diperlukan adanya kegiatan
ekstrakurikuler. Adapun kegiatan ekstrakurikuler di MTs Al-Islam ini ditangani
oleh dua organisasi yaitu sebagai berukut :
1.
Organisasi Pramuka
Kegiatan pramuka dibagi menjadi dua yaitu :
· Kegiatan Mingguan
Untuk kegiatan mingguan dalam kepramukaan dilaksanakan setiap hari
selasa mulai jam 13.30 s/d 16.30 WIB, yang anggotanya adalah seluruh siswa MTs
Al Islam
· Kegiatan
Tahunan
Untuk kegiatan tahunan diadakan PERKAJUM (perkemahan kamis jum’at),
ada juga yang bersifat identil yaitu jambore, raimuna tingkat nasional dan
tingkat daerah.
2.
Organisasi Pelajar Madrasah Al Islam (OPMI)
Terdiri dari tujuh bagian, anggota OPMI adalah semua santri Al-Islam
dan pengurusnya adalah kelas 5. Pebimbing OPMI adalah semua Ustadz/Ustadzah Al-Islam.
Kegiatan OPMI dibagi menjadi dua yaitu :
· Kegiatan
Mingguan
Untuk kegiatan mingguan diadakan latihan muhadloroh, yang
dilaksanakan setiap hari sabtu jam terakhir. Adapun petugas muhadloroh itu
dibagi secara bergiliran dengan memakai Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia,
Bahasa Jawa dan Bahasa Arab. Di dalam kegiatan mingguan diadakan kursus yaitu :
Bahasa Inggris, Nahwu Sorof dan Mutholaah yang dilaksanakan setiap hari Ahad, Senin,
Rabu, Kamis mulai jam 13.30 s/d 16.00 WIB.
· Kegiatan
Tahunan
Untuk kegiatan tahunan setiap satu tahun sekali diadakan simaan Al
Quran yang dilaksanakan di PP Al-Islam Joresan, yang harus diikuti oleh semua
siswa, dan juga bermacam-macam lomba sebagai berikut :
a.
Lomba MTQ
b.
Lomba pidato Bahasa Arab, Inggris, Indonesia dan Jawa.
c.
Membaca Kitab Kuning
e.
Kenaikan Kelas
Kriteria kenaikan kelas dibagi 2 yaitu :
1.
Berdasarkan nilai akademik
Apabila siswa nilainya 6 maka anak tersebut tidak bisa naik kelas
(nilai minimal 60).
2.
Berdasarkan nilai non akademik
· Dilihat dari
sikap anak, apabila anak tersebut perbuatannya tidak baik, walaupun dia
termasuk anak yang pintar, maka anak tersebut tidak bisa naik kelas kalau tidak
ada surat pernyataan dari kepala sekolah, karena tujuan dari pembelajaran
adalah terciptanya akhlak yang baik.
· Apabila dalam
satu semester absen 9x tidak masuk, tanpa ada surat pernyataan tidak masuk,
maka anak tersebut tidak bisa naik kelas.
2.
Bimbingan dan Konseling
a.
Guru/petugas BK
Untuk penanganan BK di MTs Al-Islam ada guru yang diberi tugas
khusus untuk menangani bidang ini, sehingga kalau ada anak yang bermasalah
langsung berhubungan dengan guru BP/BK yaitu :
-
Ustadz Ahmad Kusairi, S.Pd.I
-
Ustadzah Siti Rohmatul Mawadah, M.Pd.I
-
Ustadz Imam Hambali
b.
Permasalahan yang sering timbul pada murid
Permasalahan yang sering timbul yang memerlukan perhatian dari guru
BK diantaranya pada waktu upacara ada anak-anak yang tidak ikut, anak yang
sering meninggalkan jam pelajaran tanpa izin.
c.
Langkah-langkah bimbingan
Langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk memecahkan masalah yang
dialami oleh siswa yaitu dengan cara :
1)
Memanggil siswa yang bersangkutan untuk dimintai keterangan.
2)
Memberi motivasi.
3)
Menerima informasi dari teman dekatnya.
4)
Member teguran I, kalau tidak dihiraukan maka ada teguran II.
5)
Ketika teguran I dan II tidak dihiraukan maka ketiga kalinya adalah
memberitahukan kepada orang tua/wali murid.
d.
Pelaksanaan BK
Di MTs Al-Islam namanya OPMI (Organisasi Pelajar Madrasah Al-Islam)
bukan OSIS seperti di SMP/MTs lainnya. Pelaksanaan BK dilakukan kalau ada yang
melanggar, maka anggota/pengurus OPMI yang boleh mencatat dan di pondok namanya
tim tertib, dan mereka tidak punya wewenang untuk memberi hukuman pada
murid/siswa, tetapi hanya mencatat dan kemudian melaporan ke tim tertib
tingkat estatif (guru yang menangani).
C.
Pengelolaan Kesiswaan
1.
Jumlah kelas dan jumlah siswa
Jumlah kelas dan jumlah siswa sebagaimana yang terlampir di
belakang.
2.
Keadaan murid tiga tahun terakhir
Keadaan murid tiga tahun terakhir sebagaimana terlampir.
3.
Nama organisasi siswa dan kepengurusannya
Di MTs Al-Islam ada organisasi siswa yang menangani
kegiatan-kegiatan yaitu OPMI untuk struktur organisasi dan kepengurusan
sebagaimana terlampir.
4.
Kegiatan kesiswaan
Dalam aplikasinya kegiatan kesiswaan yang berlangsung di MTs
Al-Islam adalah sebagai berikut :
a.
Latihan kepramukaan rutin setiap hari Selasa.
b.
Orientasi anggota koordinator hari Jumat tanggal 27 Oktober 2011.
c.
Raker hari Jumat tanggal 17 Nopeber 2011.
d.
Perkajum (perkemahan kamis jumat)
e.
Dian pinru dan dian pinsa
f.
ASC (Al-Islam Scout Competition)
g.
Hut koor
h.
Perkemahan KMD
i.
Orientasi anggota baru
j.
Anjangsana
k.
Istighosah
l.
Bakmas
5.
Sistem penerimaan siswa baru
Untuk system penerimaan siswa baru diadakan setiap akhir tahun
ajaran baru yang dilaksanakan oleh panitia penerimaan siswa baru yang ditunjuk
oleh kepala sekolah dengan langkah-langkah sebagai berikut :
· Pembentukan
panitia
· Membuat brosur PBM
· Mempersiapkan
tempat
· Pendaftaran
· Pelaksanaan
ujian
· Pengumuman
siswa yang diterima
· Daftar ulang
· Pembagian
seragam
· Pembagian kelas
· Pecan
perkenalan
D.
Sarana dan Prasarana
1.
Gedung dan perabotnya
- Ruang kelas
yang memadai
- MTs mempunyai
laboratorium kompter dan bahasa
- Laboratorium
IPA
- Internet
(hotspot)
- Asrama bagi
santriwati
- Lingkungan
masyarakat yang religious dan harmonis
- Balai kesehatan
santri dan masyarakat
2.
Penunjang akademik
-
Keorganisasian (OPMI dan Gerakan Pramuka)
-
Kegiatan remaja dalam bidang kesehatan melalui Palang Merah Remaja
(PMR)
-
Pengembangan jurnalistik
-
Pengembangan kreatiftas olahraga dan seni (bola volley, tenis meja,
seni musik, kaligrafi, qasidah, puisi, seni baca Al-Qur’an dan muhadloroh)
-
Perpustakaan
-
MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an)
3.
Alat peraga
Alat peraga yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam adalah sebagai
berikut:
-
Globe
-
Pita
-
Kerangka manusia, dan sebagainya
4.
Fasilitas penunjang lainnya
-
Tersedianya lapangan bola volley
-
Alat-alat olahraga yang cukup lengkap
-
Pasukan drum band
-
Tenis meja
-
Perpustakaan yang merupakan faktor penunjang utama belajar siswa
E.
Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
1.
Bentuk hubungan dengan masyarakat
Bentuk hubungan dengan masyarakat diwujudkan dengan kegiatan yang
dilaksanakan oleh sekolah yaitu :
- Mengundang tokoh-tokoh
masyarakat
- Menjalin
hubungan antar sekolah dalam bidang olahraga dan lomba pidato
2.
Hubungan dengan wali murid
Salah satu relasi sekolah yang sangat penting adalah orang tua
murid, dimana sekolah dan orang tua merupakan dua unsur yang saling menunjang
dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan yang optimal. Hubungan dapat dilakukan
denag cara sebagai berikut :
- Mengundang wali
murid dalam penerimaan rapot
- Kunjungan
silaturrahmi dengan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan wali murid,
misalnya masalah komite, uang gedung dan lain-lain.
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
Dalam
pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa INSURI
Ponorogo, dilakukan secara terpadu, terbimbing dan terarah. Terbimbing artinya
mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik dalam pelaksanaannya dibimbing oleh
dosen pembimbing, guru pamong serta ustadz-ustadzah dan kepala sekolah. Terpadu
artinya seluruh kegiatan di lapangan ini merupakan satu kesatuan pengalaman
yang tidak bisa dipisah-pisahkan dan satu sama lain saling menunjang. Terarah
artinya semua kegiatan mahasiswa diarahkan untuk mencapai tujuan sebagai calon
guru professional.
Dalam
pelaksanaan praktek pengalaman lapangan, kami dibimbing oleh dosen pembimbing
dan guru pamong, yaitu :
Dosen
Pembimbing
|
:
|
…………………………
|
Guru
pamong
|
:
|
Guru
bidang studi yang mata pelajarannya dijadikan sasaran PPL
|
A.
Program Kegiatan Yang Direncanakan
Untuk
mempermudah pelaksanaan dan pelaporan, maka kelompok kami membuat program
kegiatan. Adapun program kegiatan yang kelompok kami laksanakan selama praktik
pengalaman di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo adalah
sebagai berikut :
1.
Melaksanakan observasi ke sekolah tempat praktek
Adapun kegiatan yang kami lakukan dalam observasi di Madrasah
Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo adalah sebagai berikut :
a.
Pengenalan dengan kepala sekolah, guru-guru serta karyawan
b.
Mengenal peraturan dan tata tertib sekolah tempat praktik
c.
Mengamati kegiatan sekolah secara umum
d.
Mengamati proses kegiatan belajar mengajar
2.
Menyiapkan praktek mengajar
Praktik mengajar merupakan pokok inti dari kegiatan praktik
pengalaman lapangan. Adapun yang kami lakukan dalam persiapan mengajar antara
lain adalah :
a.
Konsolidasi dengan guru pamong atau kepala sekolah untuk
mendapatkan bahan mengajar.
b.
Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, prota
promes dan sebagainya.
c.
Menyiapkan alat-alat yang diperlukan
d.
Praktik mengajar di kelas
3.
Melaksanakan praktek mengajar
Praktik mengajar di kelas harus memperhatikan hal-hal yang sangat essensian,
diantaranya :
a.
Membuka pelajaran dengan salam
b.
Mengatur kelas sesuai dengan keadaan
c.
Menjelaskan tujuan tang ingin dicapai dalam pembelajaran
d.
Memberi motivasi
e.
Melaksanakan kegiatan belajar mengajar
f.
Melaksanakan evaluasi
g.
Member kesimpulan
h.
Menutup pelajaran dengan salam
4.
Membuat laporan
Laporan terdiri dari laporan kelompok dan laporan individu. Dalam pembuatan
dan penyusunan laporan ini kami memperlihatkan waktu secukupnya mengingat tidak
begitu mudah dalam pembuatan dan penyusunan.
B.
Hasil Yang Dicapai
Dari
kurun waktu yang telah ditentukan, kami dapat menyelesaikan praktik pengalaman
lapangan dengan tidak ada halangan suatu apapun. Hasil yang telah kami peroleh
yang bisa kami laporkan adakah sebagai berikut :
Ø Dengan adanya
konsolidasi dengan kepala sekolah/guru pamong, sangat membantu kami dalam
mempersiapkan praktik mengajar dan juga lebih mengetahui tentang metode yang
digunakan dalam KBM.
Ø Dengan
persiapan-persiapan yang kami lakukan sebelum praktik mengajar, membuat kami
lebih mengusai materi pelajaran dan pengajaran materi sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang kami laksanakan di
Madrasah Tsanawiyah Al-Islam dapat dikatakan berhasil, karena terbukti dari
hasil ulangan harian, prosentase ketentuan hasil belajar telah memenuhi
kriteria ketuntasan belajar.
C.
Faktor Penunjang Dan Penghambat
1.
Faktor penunjang
Ada beberapa hal yang menunjang kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan yang kami laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan sehingga
proses PPL berjalan lancar, diantaranya :
a.
Dukungan dari pihak kepala Madrasah dan dewan guru di MTs Al-Islam
Joresan.
b.
Situasi yang kondusif di MTs Al-Islam Joresan
c.
Perangkat pengajaran yang telah tersedia di MTs Al-Islam Joresan
d.
Disiplin
e.
Sarana dan prasarana pendidikan yang memadai
2.
Faktor penghambat
Faktor penghambat kegiatan PPL di Al-Islam Joresan antara lain
adalah :
a.
Waktu yang relatif singkat, sehingga persiapan dan pelaksanaan PPL
tidak dapat berjalan optimal
b.
Mata pelajaran yang diajarkan sebagian tidak sesuai dengan bidang
keahlian yang ditekuni di INSURI Ponorogo, yaitu Pendidikan Agama Islam.